kemungkinan kabel putus atau penyambungan coupler socket yang tidak pas atau juga bisa dikarnakan komponen pada sistem kelistrikan motor ini tidak berfungsi dengan baik
berikut kode kerusakan kemungkinan muncul pada MIL
12x = Tidak ada sinyal normal yang diterima dari crankshaft position sensor.
Penyebab:
- Rangkaian kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
- Crankshaft position sensor rusak
- Pulse coil rotor rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
N/A
13x = Rangkaian sensor tekanan udara masuk rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
- Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek
- Intake air pressure sensor rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
D03
14x = Sistem tekanan udara masuk rusak
Penyebab:
Intake air pressure sensor
Kode diagmosa:
D03
15x = Rangkaian throttle position sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
- Throttle position sensor rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
D01
16x = Trottle position sensor macet
Penyebab:
- Throttle position sensor macet
- Throttle position sensor rusak
D01
22x = Rangkaian sensor temperature udara masuk rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
- Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek/ short circuit
- Intake air pressure sensor rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
D05
24x = Sinyal dari sensor oksigen tidak normal
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
- Sensor oksigen rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
N/A
28x = Sensor termperatur mesin rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek</li
- Engine temperature sensor rusak
- Connector sensor tidak terpasang dengan sempurna
D11
30x = Kendaraan terbalik
Penyebab:
- Kendaraan habis terbalik
D8
33x = Rangkaian ignition coil primary coil rusak
Penyebab:
- Rangkaian kabel terputus
- Ignition coil rusak
- Connector primary coil tidak terpasang sempurna
D30
37x = ISC (idling speed control valve) macet atau posisi terbuka penuh
Penyebab:
- Handel gas/throttle valve rusak
- Kabel handel gas/kabel gas rusak
- ISC macet atau lepas
D54
39x = Rangkaian fuel injector rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
- Fuel injection rusak
- Connector fuel injector tidak terpasang sempurna
D36
41x = Rangkaian lean angle sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
- Lean angle sensor rusak
- Connector lean angle sensor tidak terpasang
D08
42x = Sinyal dari speed sensor tidak normal
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
- Speed sensor rusak
- Connector speed sensor tidak terpasang baik
D07
44x = Pemasukan dan pempacaan EEPROM error
Penyebab:
- ECU rusak (penyetelan kerapatan CO dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan memory)
D60
46x = Sistem power supply pada FI tidak normal (kabel merah)
Penyebab:
- Sistem charging tidak sempurna
N/A
50x = Memory ECU rusak (error code tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)
Penyebab
- ECU rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)
N/A
61x = Rangkaian ISC rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
- Connector isc tidak terpasang sempurna
D54
cara pendiagnosaan manualnya adalah menghitung kedipan
perhitungan kedipan biasanya di mulai dengan kedipan panjang yang bernilai 10
dan dilanjut dengan kedipan cepat yang per kedipannya bernilai 1
selanjutnya tinggal di kal kulasikan
1 kedipan lama = 10
1 kedipan cepat = 1
contoh
lampu berkedi panjang sebanyak 4 kali = 40
selanjutnya berkedip pendek 2 kali =2
40+2=42
kode 42 ditujukan pada kilometer motor yang tidak bekerja
Sumber:
Manual Yamaha Mio J AL 115 F/FC
semoga bermanfaat :)
Gimana cara mengatasi D11 ....biar motor bisa nyala lagi...trimakasih
ReplyDelete